adapaun fungsi low level format adalah mengembalikan fungsi harddisk seperti semula, ya walaupun tidak baru, setidaknya sistem di harddisk tersebut lebih fresh lagi

Dengan melakukan low level format ini, isi harddisk kita dipastikan tidak akan bisa dikembalikan(recovery) lagi, baik itu memakai program recovery harddisk yang paling sakti sekalipun, MBR (Master Boot Record) akan dihapus sepenuhnya, jejak jejak pun akan di hapus sampai bersih.

Dengan melakukan low level format, Harddisk yang kebal akan sistem format biasa. dapat memurnikan data secara total, sehingga Hardisk yang frezz akibat software keamanan yang tertanam dalam hardisk dan melindungi hardisk dari perubahan apapun, dapat dilakukan. Salah satunya adalah deep freeze
Nama Software tersebut Darik’s Boot and Nuke, program ini akan melakukan tugas dengan baik untuk kita. program ini akan melakukan tugas penghancuran data di harddisk kita, harddisk yang ada password nya bisa di format dengn program ini.
Berikut langkah-langkahnya :
  • Unduh/download software DBOT ( Darik’s Boot and Nuke ). Kemudian Ekstrak dan burn (bakar) Ke CD (file .ISO)
  • Masukkan CD ke dalam sistem Anda, dan biarkan boot sistem anda dengan menggunakan CD-ROM.
  • Tunggu sampai konsol menu Darik’s Boot dan Nuke muncul, lalu ketiklah perintah “autonuke” ( tanpa tanda kutip ) atau tekan tombol F3 untuk melihat perintah2 yang lainnya.
  • Kemudian tunggulah perangkat lunak Darik’s Boot dan Nuke, memulai untuk melakukan format low level harddisk anda, booting ulang sistem anda setelah format selesai.
Program ini dapat berjalan dengan baik di sistem komputer basis intel maupun menghapus sistem Mac.
SUMBER     : http://imam77.blogspot.com/2014/02/cara-memformat-harddisk-dengan-low.html