Sejarah Perusahaan Intel

Kalian semua pasti sudah pernah mendengar perusahaan yang namanya Intel. Tetapi apakah kalian tau siapa saja orang-orang hebat dibalik didirikannya perusahaan ini, untuk itu simaklah sejarah singkat berikut ini. Intel adalah sebuah perusahaan yang bermarkas di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Intel merupakan perusahaan pembuat chip semikonduktor paling besar dan bernilai diseluruh dunia. Dengan laba bersih sebesar USD 9,620 Milyar atau sekitar Rp 125 Trilyun pada tahun 2015 (kurs Rupiah 13000). Didirikan pada bulan Juli 1968 oleh Gordon Moore dan Robert Noyce. Gordon Moore adalah seorang ahli Kimia dan Robert Noyce seorang ahli Fisika. Moore dan Noyce pada awalnya bekerja di Fairchild Semiconductor yang juga sebuah perusahaan pembuat semikonduktor, tetapi meninggalkan perusahaan tersebut untuk mendirikan Intel.

Andy Grove, Robert Noyce dan Gorden Moore (1978). Sumber gambar : wikipedia

Markas Intel di Santa Clara, California. Sumber gambar : Wikipedia

Produk pertama Intel adalah memory register geser (shift register memory) dan rangkaian terpadu RAM. Intel tumbuh sebagai pemimpin dalam persaingan pasar DRAM, SRAM, dan ROM selama tahun 1970-an. Pada saat yang bersamaan para insinyur Intel Marcian Hoff, Federico Fagin, Stanley Mazor dan Masatoshi Shima membuat mikroprosesor pertama Intel. Pada awalnya dibuat untuk menggantikan sejumlah rangkaian terpadu pada kalkulator buatan perusahaan Jepang bernama Busicom. Mikroprosesor Intel pertama ini diberi nama Intel 4004, yang merupakan processor 4 bit pertama dari Intel. Intel kemudian memproduksi berbagai prosessor penerus 4004 yang memiliki jumlah transistor dan kecepatan clock yang lebih tinggi, diantaranya prosessor 8008 dengan kemampuan 8 bit sampai ke keluarga Intel Pentium. Pada tahun 2011, Intel memperkenalkan prosessor Pentium khusus untuk perangkat mobile seperti smartphone.

 

Evolusi Perusahaan

Intel tumbuh setelah melewati beberapa fase yang berbeda. Pada masa awal didirikannya, Intel hanya dikenal karena kemampuannya membuat semikonduktor, dengan produk utamanya adalah chip Static Random Access Memory (SRAM). Bisnis Intel mulai berkembang sepanjang tahun 1970-an di mana pada kurun waktu tersebut, Intel telah mengembangkan proses manufaktur dan memperlebar lini produksinya. Namun produk utama Intel tetap didominasi oleh periferal-periferal memori.

Setelah Intel menciptakan mikroprocessor pertamanya pada tahun 1971 dan salah satu dari mikrokomputer pertamanya di tahun 1972, bisnis Intel lebih didominasi oleh produk chip Dynamic Random Acces Memory (DRAM). Namun persaingan antara produk semikonduktor dari Intel dengan semikonduktor buatan Jepang telah menurunkan pendapatan Intel secara dramatis pada tahun 1983. Barulah pada akhir tahun 1980-an, PC buatan IBM yang tiba-tiba menuai sukses membuat CEO Intel, Andy Grove, memberikan komando pada seluruh unit perusahaan ini untuk lebih berfokus pada pembuatan mikroprocessor, Grove juga mengubah aspek-aspek fundamental dalam model bisnis mikroprocessor ini. Pada akhir tahun 1980-an, kebijakan yang diambil oleh CEO Intel ini rupanya terbukti sukses. Saat itu, Intel mulai meluncurkan banyak desain mikroprocessor baru dan secara otomatis memicu perkembangan PC. Selama periode inilah Intel mulai berhasil tumbuh menjadi produsen hardware utama dengan profit terbesar dalam industri PC sampai dengan sekarang.

Nama   : Dadang Daelimi

Kelas   : 4IA21

NPM   : 51412649

SUMBER  :

https://id.wikipedia.org/wiki/Intel_Corporation

http://teknodaily.com/sejarah-processor-intel-dari-awal-ditemukan-hingga-perkembangannya/

http://www.anneahira.com/intel.htm