PENDAHULUAN

Terdapat tujuh prinsip dasar UI (user interface) yang harus dipenuhi dalam pembuatan suatu sistem / aplikasi, guna meningkatkan kenyamanan user dalam menggunakan sistem / aplikasi yang dibuat oleh seorang / sekelompok developer / programmer, yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Ease of Learning User interface yang dibuat haruslah mudah dipelajari untuk user awam atau baru saja memakai aplikasi. Hal ini akan membuat user termotivasi untuk menggunakannya.
  2. User familiarity / Mudah dikenali Menggunakan istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukan directories, file, identifiers. — jenis document OpenOffice.
  3. Consistency / “Selalu begitu” Konsisten dalam operasi dan istilah di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan. — layout menu di OpenOffice mirip dengan layout menu di Microsoft Office.
  4. Minimum surprise / Tidak membuat user kaget Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.
  5. Recoverability / Pemulihan Recoverability ada dua macam: Confirmation of destructive action (konfirmasi terhadap aksi yang merusak) dan ketersediaan fasilitas pembatalan (undo).
  6. User guidance / Bantuan Sistem manual online, menu help, caption pada icon yang disediakan secara khusus.
  7. User diversity / Keberagaman Fasilitas interaksi untuk tipe user yang berbeda harus disediakan. Misalnya ukuran huruf bisa diperbesar untuk user yang memiliki masalah dengan penglihatan, dsb.

PEMBAHASAN

Dari pengenalan tengtang prinsip dasar User Interface maka penulis akan mencoba menganalisis website www.dikutandi.com sesuai dengan prinsip user interfaces

Ease of Learning User interface

Dalam website www.dikutandi.com menurut saya sudah memenuhi standart dari ease of learning di karnakan pada homepage website tersebut terdapat bar navigassi yang sangat memudahkan user untuk memilih lebih detail tentang artikel yang di ingin dibaca. dan lagi susunan dari template memudahkan kita, seperti bagian berkomentar yang selalu ada di bawah yang artinya kita bisa mengajukan pertanyaan kepada admin web jika ada yang tidak di mengerti.

User familiarity

Menurut saya untuk tampilan website dari www.dikutandi.com sudah sangat familiar, kenapa? Karna sekarang-sekarang ini sudah banyak web, system operasi atau aplikasi yang menggunakan flat desain.

Tetapi itu juga yang membuat website ini kurang menarik perhatian, karena rata-rata hampir sama dengan website lainnya. menurut saya jika tampilannya sedikit di ubah agar berbeda dengan website lainnya mungkin akan lebih menarik untuk di kunjungi

Minimal Surprise

Pada website www.dikutandi.com sangat memenuhi sarat dari minimal surprise karna ketika user  mengklik setiap perintah yang ada dalam website maka akan menuju ke perintah tersebut, yang artinya tidak ada iklan sama sekali.

dalam hal ini menurut saya website ini tidak menghasilkan keuntungan materi bagi pemilik website. pemilik website ini hanya memberikan artikel-artikel yang membantu para programer php yang mau belajar saja.

User Guide

User guide adalah bantuan yang tersedia di dalam website atau aplikasi, yang berguna untuk memudahkan user menggunakan atau melakukan tindakan lain seperti menghubungi sang pembuat website, dan syarat tersebut terdapat pada website http://www.dikutandi.com. lalu ada juga bagian searching google jika ada pembahasan yang dalam artikel yang di suguhkan.

SUMBER :

dikutandi.com/

http://rifqirhamdani.blogspot.co.id/2016/01/analisa-website-wwwdikutandicom-dengan.html