PROPOSAL APLIKASI

Proposal adalah hal yang sangat penting dalam mengajukan kegiatan resmi, apalagi yang menyangkut instansi resmi. Dalam artikel ini dibuat contoh proposal pengajuan proyek dalam bidang teknik informatika yaitu untuk membuat perangkat lunak dengan tujuan tertentu. Adapun nama perusahaan dan jabatan dalam artikel ini adalah rekayasa semata, sedangkan nama-nama yang tercantum adalah anggota kelompok yang bertugas untuk tugas pembuatan contoh proposal ini, adapun anggotanya adalah :

  • Dadang Daelimi
  • Evelyn Evania(58412116)
  • Nazirul Fatta
  • M Reza Y

 

PT. Kana Technologies

Jl. Raya Kalimalang – Bekasi Barat

Jawa Barat

PENDAHULUAN

PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang

        Selama masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan sebuah bisnis Toko retail, Minimarket, Toko Bangunan, Apotek , Klinik, Rumah Sakit  dan lain-lain, seorang Owner / Pemilik Bisnis tersebut akan sangat kesulitan untuk mengetahui kondisi stok suatu produk secara cepat dan tepat, kesulitan mengetahui omset serta keuntungan bersih, dan kesulitan-kesulitan lain dalam hal pengaturan dan management bisnisnya.

        Atas dasar itulah, Kami dari Kana Technologies  membuat  dan merancang sebuah Sistem Program Aplikasi yang kami sebut ‘Sistem Informasi Rumah Sakit’, yang bertujuan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut

1.2 Tujuan Proyek

–  Memudahkan Pemilik Rumah Sakit untuk control dan management

–  Memudahkan Pemilik Rumah Sakit untuk mengetahui Omset serta Keuntungan bersih yang didapat secara cepat  dan tepat baik harian ataupun bulanan.

–  Memudahkan Pemilik Rumah Sakit untuk mengetahui Grafik penjualan suatu barang, sehingga dapat diketahui produk yang paling laku dan produk yang paling tidak laku.

– Terhindar dari kecurangan dan kelalaian Kasir.

– Memudahkan Pemilik Rumah Sakit dan Kasir dalam pengontrolan keuangan toko

1.3 Ruang Lingkup

  1. Aplikasi ini dapat mengkonversi data transaksi dan menghasilkan output keseluruhan transaksi harian,mingguan dan bulanan
  2. Aplikasi juga dapat melakukan konversi untuk nama hari dan bulan berdasarkan data tanggal serta membentuk kalimat terbilang untuk tanggal, waktu, dan harga.

DESKRIPSI PERANGKAT LUNAK

2.1 Nama Perangkat Lunak

      “Kana E-Cashier

2.2        Metodologi Pengerjaan

  1. Analisa Permasalahan : Analisa dilakukan untuk mendapatkan pokok permasalahan yang ingin dipecahkan berdasarkan pembahasan mengenai management keuangan di rumah sakit.
  1. Perencanaan Aplikasi : Perencanaan dari aplikasi dilakukan dimulai dari penentuan jenis aplikasi, software pembantu dalam membuat aplikasi, penentuan output atau hasil dari aplikasi, dansoftware yang mendukung pengolahan hasil dari aplikasi yang berjenis dokumen.
  1. Implementasi : Implementasi dilakukan setelah rancangan program telah terbentuk. Pada tahap ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan aplikasi secara spesifik yaitu dalam hal pemrograman dan penjelasan logika dari program itu sendiri.
  1. Uji Coba Aplikasi : Setelah aplikasi selesai dibuat, perlu dilakukan sebuah uji coba untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kesalahan yang tak terduga saat perancangan aplikasi. Proses uji coba dilakukan pada aplikasi yang telah selesai mendapatkan implementasi script program.
  1. Pengaplikasian dan perawatan : Setelah kami selesai melakukan uji coba dalam lingkungan kami, maka akan dilakukan uji coba lapangan dengan mengaplikasikan program ke dalam lingkup Rumah Sakit.

2.2         Rincian Sistem

1

2

4

5

67

3

9

2.4 Teknologi yang Digunakan
Untuk membangun aplikasi ini kami menggunakan perangkat keras dengan rincian sebagai berikut :

  • Asus A43E-VX1070D
  • System Operasi : WINDOWS XP/7/8
  • Processor : Intel ® Core ™ i3-2330M CPU @ 2.20GHz
  • Tipe Video : Intel HD Graphics
  • Memory RAM : 2 GB
  • Hard Disk : 500 GB Serial ATA 5400 RPM

Sedangkan untuk perangkat lunak yang kami gunakan adalah :

  1. Net Framework
  2. SQL Server
  3. JAVA Console

2.5 Susunan Kepanitiaan

     

–      Project Manager              Dadang Daelimi
–      System Analys              Evelyn Evania
–      Software Engineer              Nazirul Fatta
–      Hardware Engineer              M Reza Y

2.6 Rincian Biaya

NO JENIS BIAYA RINCIAN BIAYA (Rp)
1 Penyusunan Anggaran Rp.3.000.000
2 Manajemen Proyek Tim Manajemen

Karyawan

Rp.10.000.000

Rp.5.000.000

3 Hardware Pembelian & pemasangan Rp.5.500.000
4 Software Pembelian Software Rp.12.500.000
5 Data Penginputan Data Rp.7.000.000
6 Keamanan Perawatan Keamanan Rp.6.000.000
7 Biaya Tak Terduga Kerusakan Hardware Rp.5.000.000
TOTAL Rp.54.000.000

PENUTUP

Demikian proposal penawaran aplikasi kami. Terima kasih atas perhatiannya. diharapkan kerja samanya